PROGRAM- PROGRAM

Yayasan Surya Esok Bahagia mempunyai rancangan program yang sudah dibahas dan disetujui dalam rapat kerja pengurus di awal tahun 2020. Adapun program yayasan tersebut terbagi menjadi 4 bidang kerja yang akan diterngkan di bawah ini.

A. Bidang Pendidikan 

Yayasan berencana menyelenggarakan Lembaga Pendidikan di semua jenjang yang memungkinkan. Saat ini memulai dari tingkat menengah pertama (SLTP/sederajat), yaitu Madrasah Tsanawiyah di PPTT Ibnu Mubaarok Karanganyar Jawa Tengah serta Markaz Tahfizh tingkat menengah di Metro Lampung Timur.

 Adapun Lembaga Pendidikan yang nantinya akan diselenggarakan oleh Yayasan SEB, sebagai berikut:

  1. Pondok Pesantren setingkat SLTP sederajat
  1. Formal (Madrasah Tsanawiyah)
  2. Non Formal (Markaz Tahfizh dan Dirosah Islamiyah)
  3. Pondok Pesantren setingkat SLTA sederajat
  1. Formal (Madrasah Aliyah jurusan Agama dan Sekolah Menengah Kejuruan jurusan agribisnis)
  2. Non Formal (Markaz Tahfizh dan Dirosah Islamiyah)
  3. Pondok Pesantren setingkat PT/Mahad ‘Aly
  1. Formal (Sekolah Tinggi Ekonomi Islam jurusan agrobisnis dan keuangan syari’ah)
  2. Non Formal (Ma’had Tahfizhul Qur’an Al ‘Aly, bersanad diroyah wa riwayah)
  3. Non Formal (Ma’had ‘Aly  li Lughotul ‘Arobiyah wa Dirosah Al Islamiyah)

B. Bidang Dakwah dan Kehumasan

Sebagaimana yayasan Islam lainnya, yayasan SEB juga menyelenggarakan kegiatan di bidang dakwah. Adapun kegiatan dakwah yang sedang atau akan diselenggarakan, terangkum dalam program di bidang dakwah sebagai berikut:

  1. Program Majelis Tabligh

Bentuk kegiatan bisa berupa pengajian umum, pengajian rutin dan insidental, khutbah jumat dan lain sebagainya

  1. Program Kajian Ta’lim

Bentuk kegiatanya bisa berupa rumah qur’an, dauroh tahsin, halaqoh ilmu, majelis dzikir, kajian kitab, tsaqofah dan lain sebagainya.

  1. Program Kehumasan

Bentuk kegiatanya kunjungan ke toga toma serta anjang sana ke instansi terkait dan mengadakan kerjasama dengan mitra dan tetangga sekitar UPT

C. Bidang Sosial

Sebuah yayasan tidak akan terlepas dari tanggung jawab terhadap urusan sosial kemasyarakatan. Demikian juga Yayasan SEB mempunyai bidang sosial yang programnya sebagai berikut:

  1. Program Santunan Yatim dan Dhu’afa

Bentuk kegiatan nya memberikan santunan kepada anak yatim, fakir miskin yang diberikan secara rutin bulanan maupun sesuai dengan waktu yang ditentukan.

  1. Program Subsidi Beasiswa dan Studi Lanjut

Bentuk kegiatanya dengan memberikan dana bulanan kepada santri atau asatidzah yang kurang mampu untuk beaya studi selama waktu yang telah ditetapkan.

  1. Program Layanan Kesehatan

Bentuk kegiatannya dengan memberikan layanan pengobatan gratis secara berjangka, maupun harian seperti pijat bayi, bekam, tibbun nabawi maupun layanan medis kepada masyarakat sekitar, terutama kaum muslimin yang kurang mampu.

  1. Program Peduli Bencana

Bentuk kegiatannya dengan menggalang dana maupun kebutuhan bahan pokok yang diperlukan, kepada para muhsinan kaum muslimain secara menyeluruh, untuk disalurkan kepada korban bencana.

Seluruh program yang diselenggarakan oleh bidang sosial merupakan program pemberdayaan penyaluran dana infaq sedekah dan zakat yang dikelola oleh Rumah Sedekah Ibnu Mubaarok yang merupakan salah santu unit pelaksana teknis di bawah yayasan.

D. Bidang Usaha 

Untuk menopang biaya dari seluruh aktifitas unit pelaksana teknis di bawah yayasan tentu memerlukan dan operasional yang cukup banyak. Untuk itulah yayasan berusaha mengadakan kegiatan yang bertujuan menghasilkan profit guna membantu membiayai operasional –disamping ada dana subsidi pelayanan pendidikan dari wali santri- yang dikemudian hari diharapkan menjadi tulang punggung pendanaan seluruh aktifitas yayasan.

Adapun usaha yang direncanakan oleh yayasan antara lain:

  1. Integrited farming (Pertanian dan Peternakan terpadu)
  2. Pengolahan limbah sampah masyarakat
  3. Penerbitan dan Percetakan
  4. Distribusi Usaha Roti Surya
  5. Home Industri (Industri Tumah Tangga)

Berhubung seluruh usaha di atas baru dalam rancangan, maka belum bisa diuraikan secara mendetail. Namun yayasan berharap ke depan akan menjadi usaha yang berbadan hukum sendiri, sehingga betul betul digarap secara profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *